STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur
Kurikulum
NO
|
Komponen
|
Alokasi Waktu
|
|||||||
K e l a s
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
A
|
Mata Pelajaran
|
PENDEKATAN
TEMATIK
|
|||||||
1
|
Al-Qur’an Hadits
|
2
|
2
|
2
|
|||||
2
|
Aqidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
|||||
3
|
Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
|||||
4
|
SKI
|
2
|
2
|
2
|
|||||
5
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|||||
6
|
Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
|||||
7
|
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
|||||
8
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
|||||
9
|
IPA
|
4
|
4
|
4
|
|||||
10
|
IPS
|
3
|
3
|
3
|
|||||
11
|
Seni Budaya &
Ketrampilan
|
3
|
3
|
3
|
|||||
12
|
Pendi. Jasmani &
Ketrampilan
|
4
|
4
|
4
|
|||||
B
|
Muatan local
|
||||||||
a. Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
||||||
b. Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
||||||
c. Komputer (TIK)
|
1
|
1
|
1
|
||||||
d. Aswaja
(keNUan)
|
1
|
1
|
1
|
||||||
C
|
Pengembangan
diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
|||||
JUMLAH
|
35
|
35
|
37
|
43
|
43
|
43
|
|||
Katerangan :
1.
1 (satu) jam pelajaran alokasi waktu 35 menit
2.
Kelas 1,
2, 3 menggunakan pendekatan tematik
3.
Kelas 4,
5, 6 menggunakan pendekatan mata pelajaran
4.
Les mata
pelajaran:
Bahasa Indonesia : kelas V s/d VI 2 jam pelajaran
Bahasa
Arab : kelas IV, V,dan VI 2 jam
pelajaran
Matematika : kelas V s/d VI 2 jam pelajaran
IPA/
Sains : kelas
VI 2 jam pelajaran
Bahasa
Inggris : kelas IV s/d VI 2 jam pelajaran
B. Muatan
KTSP
Muatan KTSP Meliputi ;
1.
Mata Pelajaran
A.
Pendidikan
Agama
a)
Pendidikan Agama Islam
bertujuan untuk :
o
Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian,
pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama
Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
o
Mewujudkan
manusia Indonesia yang
taat beragama dan
berakhlak mulia yaitu manusia
yang
berpengetahuan,
rajin
beribadah,
cerdas,
produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi
(tasamuh), menjaga
keharmonisan secara
personal dan
sosial
serta
mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ruang
lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi
aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Al-Qur’an
dan Hadits
2.
Aqidah dan
Akhlak
3.
Fiqih
4.
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
1. Al-Qur”an dan Hadis :
Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk:
a) Memberikan kemampuan
dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan, dan menggemari
membaca al-Qur'an dan hadis;
b) Memberikan
pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an-hadis
melalui keteladanan dan pembiasaan;
c) Membina dan
membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat al-Qur'an dan hadis
2. Akidah Akhlak :
Mata Pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah
Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:
a. Menumbuhkembangkan akidah
melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT;
b. Mewujudkan manusia Indonesia
yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan
sehari-hari baik dalam kehidupan
individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah
Islam.
3. Fikih
Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah
bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:
a.
Mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam baik yang
menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam
kehidupan pribadi dan sosial.
b.
Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik,
sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik
dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri,
sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.
4. Sejarah Kebudayaan Islam :
Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah
bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:
a.
Mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam baik yang
menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam
kehidupan pribadi dan sosial.
b.
Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik,
sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik
dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri,
sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.
B.
Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta
didik
memiliki kemampuan sebagai berikut :
o
Berpikir secara kritis, rasional,
dan
kreatif
dalam
menanggapi
isu
kewarganegaraan
o
Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak
secara cerdas dalam
kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
o
Berkembang secara positif
dan demokratis untuk
membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat
Indonesia agar dapat
hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
o
Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara
langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek aspek sebagai berikut.
o Persatuan dan
Kesatuan bangsa, meliputi
: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta
lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan
negara, Sikap positif
terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan
dan jaminan keadilan
o Norma, hukum
dan peraturan, meliputi: Tertib
dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di
sekolah, Norma yang
berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah,
Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim hukum dan peradilan
nasional, Hukum dan peradilan internasional
o Hak asasi
manusia meliputi: Hak
dan kewajiban anak,
Hak dan kewajiban anggota masyarakat,
Instrumen nasional dan
internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
o Kebutuhan warga
negara meliputi: Hidup
gotong royong, Harga
diri sebagai warga masyarakat,
Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai
keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara
o Konstitusi Negara
meliputi: Proklamasi kemerdekaan
dan konstitusi yang pertama, Konstitusi-konstitusi yang
pernah digunakan di Indonesia,
Hubungan dasar negara dengan konstitusi
o Kekuasan dan Politik,
meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan
otonomi, Pemerintah pusat, Demokrasi dan sistem politik, Budaya
politik,
Budaya
demokrasi menuju
masyarakat
madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi
o Pancasila meliputi:
kedudukan Pancasila sebagai
dasar negara dan ideologi
negara, Proses perumusan
Pancasila sebagai dasar
negara, Pengamalan nilai-ilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,
Pancasila sebagai ideologi terbuka
o Globalisasi meliputi:
Globalisasi di lingkungannya, Politik
luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak
globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional, dan
Mengevaluasi globalisasi.
C.
Bahasa
Indonesia
Mata pelajaran Bahasa
Indonesia bertujuan
agar
peserta
didik
memiliki kemampuan sebagai berikut :
o
Berkomunikasi
secara efektif dan
efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan
maupun tulis
o
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
o
Memahami bahasa Indonesia dan
menggunakannya
dengan
tepat
dan
kreatif untuk berbagai tujuan
o
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
o
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas awasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan
kemampuan berbahasa
o
Menghargai
dan membanggakan sastra
Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang
Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran Bahasa
Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
o Mendengarkan
o Berbicara
o Membaca
o Menulis
D. Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa
Arab memiliki tujuan sebagai berikut:
a.
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa
Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni
menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah),
dan menulis (kitabah).
b.
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa
Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar,
khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c.
Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan
antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian,
peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri
dalam keragaman budaya.
E. Matematika
Mata pelajaran
matematika bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a.
Memahami
konsep matematika, menjelaskan
keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma,
secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
b.
Menggunakan
penalaran pada pola
dan sifat, melakukan
manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau
menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika.
c.
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan
memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model
dan
menafsirkan solusi yang diperoleh
d.
Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel,
diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
e.
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika
dalam kehidupan, yaitu memiliki
rasa ingin tahu,
perhatian, dan minat
dalam mempelajari matematika,
serta sikap ulet dan percaya diri
dalam pemecahan masalah.
Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI
meliputi aspek aspek sebagai berikut.
o Bilangan
o Geometri dan pengukuran
o Pengolahan data.
- Ilmu Pengetahuan Alam
Mata
pelajaran IPA
bertujuan agar
peserta
didik
memiliki
kemampuan sebagai berikut :
a.
Memperoleh keyakinan
terhadap kebesaran Tuhan
Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan
keteraturan alam ciptaan-Nya
b.
Mengembangkan pengetahuan
dan pemahaman konsep-konsep
IPA yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
c.
Mengembangkan rasa
ingin tahu, sikap
positip dan kesadaran
tentang adanya hubungan yang
saling mempengaruhi antara
IPA, lingkungan, teknologi dan
masyarakat
d.
Mengembangkan keterampilan proses
untuk menyelidiki alam
sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
e.
Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam
memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
f.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan
segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
g.
Memperoleh
bekal pengetahuan, konsep
dan keterampilan IPA
sebagai dasar untuk melanjutkan
pendidikan ke SMP/MTs.
Ruang
Lingkup
Ruang Lingkup
bahan
kajian IPA untuk SD/MI meliputi aspek-aspek berikut.
o
Makhluk
hidup dan proses
kehidupan, yaitu manusia,
hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan
o
Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya
meliputi: cair, padat dan gas
o
Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi,
panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
o Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi,
tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
- Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai
berikut :
a.
Mengenal
konsep-konsep yang berkaitan
dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
b.
Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan
kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan
keterampilan dalam kehidupan sosial
c.
Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosialdan kemanusiaan
d.
Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan
berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan
global.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
o Manusia, Tempat, dan Lingkungan
o Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
o Sistem Sosial dan Budaya
o Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
- Seni Budaya dan
Ketrampilan
Mata pelajaran Seni Budaya
dan
Ketrampilan
bertujuan
agar
peserta
didik
memiliki kemampuan sebagai berikut :
a.
Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan ketrampilan.
b.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan ketrampilan.
c.
Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan
ketrampilan.
d.
Menampilkan
peran serta dalam
seni budaya dan
ketrampilan dalam tingkat lokal,
regional, maupun global.
Ruang
Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
o
Seni
rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan
nilai dalam menghasilkan karya
seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
o
Seni
musik, mencakup kemampuan
untuk menguasai olah
vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
o
Seni
tari, mencakup keterampilan
gerak berdasarkan olah
tubuh dengan dan tanpa rangsangan
bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
o Seni
drama, mencakup keterampilan
pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
o Keterampilan,
mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal,
keterampilan sosial, keterampilan
vokasional dan keterampilan akademik.
- Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Pendidikan
Jasmani, Olahraga,
dan
Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a.
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani srta pola
hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
b.
Meningkatkan
pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang
lebih
baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar