Labels

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM


STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.       Struktur Kurikulum

NO
Komponen
Alokasi Waktu
K e l a s
1
2
3
4
5
6
A
Mata Pelajaran
PENDEKATAN TEMATIK



1
Al-Qur’an Hadits
2
2
2
2
Aqidah Akhlak
2
2
2
3
Fiqih
2
2
2
4
SKI
2
2
2
5
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
6
Bahasa Indonesia
5
5
5
7
Bahasa Arab
2
2
2
8
Matematika
5
5
5
9
IPA
4
4
4
10
IPS
3
3
3
11
Seni Budaya & Ketrampilan
3
3
3
12
Pendi. Jasmani & Ketrampilan
4
4
4
B
Muatan local




a. Bahasa Jawa
2
2
2

b. Bahasa Inggris
2
2
2

c. Komputer (TIK)
1
1
1

d. Aswaja (keNUan)
1
1
1
C
Pengembangan diri
2*)
2*)
2*)

JUMLAH
35
35
37
43
43
43

Katerangan :
1.        1 (satu) jam pelajaran alokasi waktu 35 menit
2.        Kelas 1, 2, 3 menggunakan pendekatan tematik
3.        Kelas 4, 5, 6 menggunakan pendekatan mata pelajaran
4.        Les mata pelajaran:
Bahasa Indonesia   : kelas V s/d VI 2 jam pelajaran
Bahasa Arab         : kelas IV, V,dan VI  2 jam pelajaran                                    
Matematika            : kelas V s/d VI 2 jam pelajaran
IPA/ Sains              : kelas VI 2  jam pelajaran
Bahasa Inggris       : kelas IV s/d VI 2 jam pelajaran                                    

B.  Muatan KTSP

Muatan KTSP Meliputi ;

1.        Mata Pelajaran

A.    Pendidikan Agama
a)             Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk :
o   Menumbuhkembangkan  akidah  melalui  pemberian,  pemupukan,  dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
o   Mewujudkan  manusia  Indonesia  yang  taat  beragama   dan  berakhlak mulia  yaitu  manusia  yang  berpengetahuan,  rajin  beribadah,  cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan   secara   personal   dan   sosial   serta   mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.         Al-Qur’an dan Hadits
2.         Aqidah dan Akhlak
3.         Fiqih
4.         Tarikh dan Kebudayaan Islam

1.     Al-Qur”an dan Hadis :
Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk:
a)      Memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan, dan menggemari membaca al-Qur'an dan hadis;
b)     Memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an-hadis melalui keteladanan dan pembiasaan;
c)      Membina dan membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat al-Qur'an dan hadis

2.     Akidah Akhlak :
Mata Pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:
a.       Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
b.      Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari  baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.
3.     Fikih
Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:
a.       Mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.
b.      Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.
4.     Sejarah Kebudayaan Islam :
Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:
a.       Mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.
b.      Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.

B.     Pendidikan Kewarganegaraan
Mata  pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  bertujuan  agar  peserta  didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o    Berpikir  secara  kritis,  rasional,  dan  kreatif  dalam  menanggapi  isu kewarganegaraan
o    Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas  dalam kegiatan  bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
o    Berkembang   secara   positif   dan   demokratis   untuk   membentuk   diri berdasarkan  karakter-karakter  masyarakat  Indonesia  agar  dapat  hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
o    Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung          atau     tidak    langsung          dengan            memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek aspek sebagai berikut.
o    Persatuan  dan Kesatuan bangsa, meliputi : Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta  lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah   Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan  negara, Sikap positif  terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan
o    Norma,  hukum  dan  peraturan,  meliputi:          Tertib dalam kehidupan keluarga,  Tata tertib di sekolah,  Norma  yang  berlaku  di  masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim  hukum dan  peradilan  nasional,  Hukum  dan peradilan internasional
o    Hak  asasi  manusia  meliputi:  Hak  dan  kewajiban  anak,         Hak dan kewajiban  anggota  masyarakat,  Instrumen  nasional  dan  internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
o    Kebutuhan   warga  negara  meliputi:  Hidup  gotong  royong,  Harga  diri sebagai   warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara
o    Konstitusi  Negara  meliputi:  Proklamasi  kemerdekaan  dan  konstitusi yang   pertama, Konstitusi-konstitusi  yang  pernah digunakan  di Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi
o    Kekuasan dan Politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi,  Pemerintah pusat,   Demokrasi dan sistem  politik,  Budaya  politik,  Budaya  demokrasi  menuju  masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi
o    Pancasila  meliputi:  kedudukan  Pancasila  sebagai  dasar  negara  dan ideologi  negara,  Proses  perumusan  Pancasila  sebagai  dasar  negara, Pengamalan         nilai-ilai           Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka
o    Globalisasi meliputi: Globalisasi di lingkungannya,  Politik luar  negeri Indonesia di era     globalisasi,  Dampak  globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional, dan Mengevaluasi globalisasi.


C.     Bahasa Indonesia
Mata   pelajaran   Bahasa   Indonesia   bertujuan   agar   peserta   didik   memiliki kemampuan sebagai berikut :
o    Berkomunikasi  secara  efektif  dan  efisien  sesuai  dengan  etika  yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
o    Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
o    Memahami  bahasa  Indonesia  dan  menggunakannya  dengan  tepat  dan kreatif untuk berbagai tujuan
o    Menggunakan bahasa Indonesia   untuk meningkatkan  kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
o    Menikmati            dan      memanfaatkan karya   sastra   untuk   memperluas awasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
o    Menghargai  dan  membanggakan  sastra  Indonesia  sebagai  khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Ruang Lingkup
Ruang   lingkup   mata   pelajaran   Bahasa   Indonesia   mencakup   komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

o    Mendengarkan
o    Berbicara
o    Membaca
o    Menulis

D.    Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut:
a.         Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
b.        Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c.         Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.


E.   Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a.         Memahami  konsep  matematika,  menjelaskan  keterkaitan  antarkonsep  dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
b.        Menggunakan   penalaran   pada   pola   dan   sifat,   melakukan   manipulasi matematika     dalam  membuat         generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika.
c.         Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
d.        Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
e.         Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki   rasa   ingin   tahu,   perhatian,   dan   minat   dalam   mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

Ruang Lingkup
Mata  pelajaran  Matematika  pada  satuan  pendidikan  SD/MI  meliputi  aspek aspek sebagai berikut.
o    Bilangan
o    Geometri dan pengukuran
o    Pengolahan data.

    1. Ilmu Pengetahuan Alam
Mata   pelajaran   IPA   bertujuan   agar   peserta   didik   memiliki   kemampuan sebagai berikut :

a.         Memperoleh   keyakinan   terhadap   kebesaran   Tuhan   Yang   Maha   Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
b.         Mengembangkan  pengetahuan  dan  pemahaman  konsep-konsep  IPA  yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
c.         Mengembangkan  rasa  ingin  tahu,  sikap  positip           dan  kesadaran  tentang adanya  hubungan  yang  saling  mempengaruhi  antara  IPA,  lingkungan, teknologi dan masyarakat
d.        Mengembangkan   keterampilan   proses   untuk   menyelidiki   alam  sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
e.         Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
f.          Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
g.         Memperoleh  bekal  pengetahuan,  konsep  dan  keterampilan  IPA  sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

Ruang Lingkup
Ruang Lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi aspek-aspek berikut.
o    Makhluk  hidup  dan  proses  kehidupan,  yaitu  manusia,  hewan,  tumbuhan  dan interaksinya dengan lingkungan,  serta kesehatan
o    Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas
o    Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
o    Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.

    1. Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a.         Mengenal   konsep-konsep  yang  berkaitan  dengan  kehidupan   masyarakat dan lingkungannya
b.        Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
c.         Memiliki   komitmen        dan      kesadaran        terhadap          nilai-nilai sosialdan kemanusiaan
d.        Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
o    Manusia, Tempat, dan Lingkungan
o    Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
o    Sistem Sosial dan Budaya
o    Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.







    1. Seni Budaya dan Ketrampilan
Mata  pelajaran  Seni  Budaya  dan  Ketrampilan  bertujuan  agar  peserta  didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a.         Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan ketrampilan.
b.        Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan ketrampilan.
c.         Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan ketrampilan.
d.        Menampilkan  peran  serta  dalam  seni  budaya  dan  ketrampilan  dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
o    Seni   rupa,   mencakup   pengetahuan,   keterampilan,   dan   nilai   dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
o    Seni   musik,   mencakup   kemampuan   untuk   menguasai   olah   vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
o    Seni  tari,  mencakup  keterampilan  gerak  berdasarkan  olah  tubuh  dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
o    Seni  drama,  mencakup  keterampilan  pementasan  dengan  memadukan seni musik, seni tari dan peran
o    Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi     keterampilan    personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.

    1. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Pendidikan  Jasmani,  Olahraga,  dan  Kesehatan  bertujuan  agar  peserta  didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a.         Mengembangkan  keterampilan    pengelolaan     diri       dalam  upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani srta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
b.         Meningkatkan  pertumbuhan  fisik  dan  pengembangan  psikis  yang  lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar